Kesenian dari Negara Brazil yang Menarik Untuk Dijelajahi

Brasil Negeri Samba dengan Segala Kemahsyurannya, Brasil adalah sebuah negara yang sangat terkenal dengan banyaknya kebudayaan dan juga beragam tradisi yang ada di negara tersebut. Sepakbola, tari samba, Capoeira, dan beberapa kesenian lainnya adalah kebudayaan dan salah satu kehebatan dari negara di Amerika Selatan ini. Brasil atau Republik Federal Brazil merupakan sebuah negara yang paling besar dari semua negara lainnya yang ada di Amerika Selatan. Negara ini adalah sebuah negara yang berbatasan dengan Samudera Atlantik dan juga Pegunungan Andes.

Kesenian dari Negara Brazil yang Menarik Untuk Dijelajahi

Menurut sejarah, nama negara ini diambil dari sebuah nama kayu. Negara yang satu ini juga merupakan sebuah negara pertanian ekstensif dan juga merupakan hutan hujan tropis. Selain terkenal akan kesenian tarian dan juga yang lainnya, negara yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi yang terbesar ada di dunia.

Negara ini merupakan sebuah negara yang berhasil mendapatkan kemerdekaannya dari Portugis pada tahun 7 September 1822. Mereka merupakan negara yang telah dijajah Portugis sejak tahun 1494. Dampak dari penjajahan Portugis tersebut salah satunya adalah bahasa Portugis menjadi bahasa resmi milik negara yang memiliki motto Ordem e Progresso ini.

Padahal, negara-negara yang ada di Amerika Selatan yang lain menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya. Selain itu, kaum imigran yang tinggal dan ada di Brazil menggunakan bahasa Inggris, Jepang, Italia dan juga Korea.

Negara Bagian dan Agama

Brasil adalah negara yang memiliki banyak negara bagian, di negara ini Ada sekitar 26 negara bagian yang ada di negara ini. Di antaranya adalah sebagai berikut. Disamping Negara bagian, Brasil juga ternyata memiliki keragaman agama. Jika dilihat dari persentasenya, maka agama yang paling banyak dianut yaitu adalah Agama Katolik Roma. Penduduk yang menganut agama ini diperkirakan mencapai 74%.

Kemudian, aliran agama terbanyak kedua di pegang oleh agama Protestan sebanyak 15,4%, bahkan sampai sekarang masih mengalami peningkatan. Di urutan berikutnya, yaitu sebanyak 1,3% atau sekitar 2,3 juta orang di Brazil memeluk Agama Spiritisme.

Selain ketiga agama besar yang ada di atas, agama lain yang dipeluk oleh masyarakat lainnya yaitu Agama Buddhisme, Shinto, Agama Tradisional Afrika, Yahudi, dan juga agama Islam. Untuk Agama Islam sendiri, populasi disana hanya ada 28 ribu orang yang menganutnya atau sebanyak 0,01% dari seluruh penduduk Brasil. Jika disimpulkan, negara Brazil adalah negara dengan penganut agama Katolik terbesar yang ada di dunia.

Kesenian dari Negara Brazil

Tarian Samba dan Capoeira adalah dua tarian terkenal yang berasal dari negara ini. Pasti sudah banyak orang juga yang tahu tentang dua tarian tersebut. Keduanya memang telah banyak sekali dipelajari di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Berikut ini beberapa kesenian khas Brazil yang menarik untuk dipelajari.

Tarian Samba

Samba merupakan sebuah tarian khas dari Brazil yang berakar dari Afrika. Samba biasanya akan dipentaskan pada beberapa acara, seperti karnaval yang diselenggarakan di negara ini. Samba merupakan sebuah ikon dan juga menjadi identitas nasional dari negara tersebut. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika kemudian Negara Brasil sendiri mendapat julukan sebagai salah satu negeri samba.

Tahukah Anda ternyata tarian yang satu ini juga menjadi salah satu dari seni warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO yaitu pada tahun 2005. Samba de Roda atau sebuah tari lingkaran yang diakui oleh UNESCO, inilah yang juga menjadi akar dari Carioca samba atau samba yang dibawakan di Rio de Janeiro.
Musik yang mengiringi tarian samba tradisional ini biasanya adalah alat musik, diantaranya ada cavaquinho dan beberapa jenis gitar yang lainnya, dengan dipadukan oleh instrumen perkusi seperti tamborin.

Tarian ini juga mendapatkan sebuah pengaruh musik orkestra Amerika sejak terjadinya Perang Dunia II. Pada perkembangannya, beberapa jenis alat musik dimainkan dengan cara tiup, seperti choro, trombon, terompet, klarinet, dan juga flute yang juga turut digunakan untuk mengiringi tarian ini.

Lagu samba atau musik yang mengiringi samba disebut dengan Samba-canção. Musik yang satu ini merupakan genre musik samba yang berasal dari Rio Janeiro, yang mulai dikenalkan khalayak umum yaitu pada akhir tahun 1930-an. Musik yang satu ini, jika diartikan lebih luas maka akan merujuk kepada musik samba menggunakan bahasa Portugal.

Capoeira

Tahukah anda dengan jenis tarian yang dipadukan dengan ilmu bela diri dari Brasil? Pasti banyak orang yang tahu tentang tarian yang satu ini. Ya, tarian tersebut bernama Capoeira. Di Indonesia sendiri beberapa tahun lalu sedang booming tarian Capoeira ini. Sebenarnya, seni bela diri yang satu ini merupakan seni bela diri yang dikembangkan oleh para budak, Orang-orang yang datang dari Afrika dan tinggal di Brasil pada tahun 1500-an. Gerakan bela diri yang satu ini lebih menyerupai sebuah tarian, namun dititikberatkan kepada tendangan.

Dalam melakukan gerakan Capoeira ini, orang yang akan melakukannya diiringi oleh sebuah musik yang disebut dengan Jogo. Meskipun tergolong sebagai salah satu jenis ilmu bela diri yang cukup populer, namun banyak orang yang percaya Capoeira ini akan ampuh jika digunakan untuk bertarung, dibandingkan dengan olahraga dan seni bela diri yang lainnya seperti karate ataupun taekwondo.

Pada zaman dahulu, ketika kesenian Capoeira mulai dibawakan oleh para budak Afrika di negara ini, mereka selalu diiringi oleh berbagai macam musik tradisional. Di antara alat musik tradisional tersebut ada berimbau atau sejenis alat musik bentuknya berupa lengkungan kayu dan diberi tali senar yang kemudian dipukul dengan sebuah kayu kecil. Alat musik tradisional lainnya yaitu atabaque atau sebuah gendang besar.

Saat itu, jika ada budak yang akan melarikan diri, kemudian ia akan dikejar oleh seorang atau beberapa pemburu profesional yang membawa senjata, maka Capoeira inilah yang akan digunakan oleh budak tersebut untuk menyelamatkan diri dari serangan pemburu tersebut. Kebanyakan pertarungan akan dilakukan di sebuah lapangan yang berada dalam hutan atau dalam bahasa Brazil disebut dengan caá-puêra. Nama inilah yang kemudian menjadi awal mula dari Capoeira.

Para budak yang dapat melarikan diri nantinya akan berkumpul di desa yang dipagari bernama quilombo. Tempat ini terletak di lokasi yang sulit untuk dicapai ataupun juga ditemukan. Quilombo yang paling penting bernama Palmares. Penduduk yang ada di sana pernah mencapai 10.000 jiwa dan dapat bertahan hingga kurang lebih 60 tahun lamanya melawan kekuasaan yang menginvasi para budak saat itu.

Demikian itulah beberapa kesenian dari negara Brazil yang menarik untuk dipelajari. Negara Brazil tidak hanya menarik dengan keindahan alamnya saja, namun negara Amerika latin yang satu ini juga banyak memiliki kesenian unik dan menarik, salah satunya samba dan Capoeira.